4 Manfaat Adanya AI dalam Aplikasi M-banking, Sudah Tahu?

Saat ini, tidak sedikit perbankan yang sudah memiliki aplikasi m-banking miliknya sendiri. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman lebih baik pada tiap-tiap nasabahnya.

Selain aplikasi, tiap-tiap bank yang sudah melayani transaksi digital juga sudah memiliki layanan berupa chat dengan robot. Contohnya, ada BRI dengan customer care Sabrina, BNI dengan Cinta, hingga BCA dengan Vira.

Untuk diketahui, keberadaan customer care bukan manusia ini merupakan hasil dari kecerdasan buatan atau teknologi artificial intelligence. Dengan adanya virtual customer service, layanan aplikasi mobile banking jadi terbuka selama 24 jam.

Tak hanya itu, AI juga bisa memberikan manfaat lain yang sama penting untuk tiap-tiap nasabah. Lantas apa saja manfaat itu?

4 Manfaat AI dalam Aplikasi M-banking

Berikut ini adalah sejumlah manfaat penerapan artificial intelligence dalam aplikasi mobile banking. Simak hingga tuntas, ya!

1. Membantu Relasi dengan Customer Terjaga

Tidak bisa dielak, beberapa tahun lalu kualitas layanan bank memang tidak sebagus seperti saat ini. Mulai dari layanan customer care hingga proses transaksi, semuanya dibatasi oleh waktu sehingga nasabah kerap merasa kecewa.

Namun setelah penerapan AI, bank mempunyai robot yang bisa selalu melayani tiap-tiap nasabahnya. Dari itu, relasi antara nasabah dan perbankan dipastikan makin baik. Apalagi jika setiap masalah yang dialami nasabah dapat teratasi berkat jawaban AI.

2. Menjamin Keamanan

Manfaat kedua adanya AI dalam aplikasi mobile banking adalah menjamin keamanan dalam hal transaksi. Dalam arti luasnya, sistem AI dapat mendeteksi apabila terdapat aktivitas yang tidak biasanya terjadi.

Jika terbukti bukan nasabah yang melakukan aktivitas tersebut, AI juga bisa membantu mencegah adanya risiko. Seperti kehilangan uang, kerusakan data mobile banking, atau lain sebagainya

3. Melindungi Data Nasabah

Meskipun AI mampu membaca seluruh data manusia dalam m-banking, perlu diketahui bahwa data tersebut tidak akan disalahgunakan. Hal ini dikarenakan, AI juga dilengkapi sejumlah pengetahuan mengenai perlindungan data dan aturan-aturan yang diberlakukan OJK. Oleh karena itu, data nasabah di bank atau aplikasi mobile banking dipastikan aman dan terlindungi.

4. Mentransformasikan Sumber Daya Manusia

Manfaat lain AI dalam aplikasi m-banking adalah mentransformasikan sumber daya manusia. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa AI tidak bisa bekerja dengan baik tanpa bantuan manusia.

Untuk bisa memberikan layanan terbaik, AI perlu dikendalikan oleh orang-orang yang cerdas. Ini artinya, manusia dituntut untuk lebih cerdas dibandingkan AI agar bisa mengendalikan teknologi tersebut. Inilah yang dimaksud dengan mentransformasikan sumber daya manusia.

Nah, itulah 4 manfaat artificial intelligence dalam aplikasi m-banking. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran untuk kehidupan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *