5 Aplikasi Alih Bahasa yang Dilengkapi dengan Teknologi Terbaru

Aplikasi alih bahasa menjadi alat alternatif yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini untuk memudahkan komunikasi dengan orang asing. Ini dikarenakan, aplikasi ini umumnya sudah menggunakan teknologi terbaru, yaitu kecerdasan buatan (AI) dan pemrosesan bahasa alami. Dengan itu, aplikasi penerjemah akan melakukan analisis sintaksis, semantik, dan pragmatis pada bahasa yang akan diterjemahkan dan bahasa pengalihan.

 

Untuk diketahui, ada sejumlah perbedaan di aplikasi translate yang menggunakan sistem web 1.0 hingga 2.0 dengan AI. Satu di antaranya ada pada hasil terjemahan bahasa dari teks maupun speech recognition. Di mana hasil terjemahan menggunakan AI dipastikan lebih akurat dibandingkan sistem sebelumnya.

 

5 Aplikasi Alih Bahasa dengan AI Paling Populer

Saat ini, tidak sedikit perusahaan penyedia internet sudah memberikan layanan terjemahan menggunakan artificial intelligence. Berikut ini adalah 5 di antara aplikasi penerjemah yang paling populer dengan teknologi terbarunya.

 

1. Google Translate

Google Translate jadi aplikasi penerjemah dengan teknologi yang paling mutakhir untuk saat ini. Aplikasi ini dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa asing, baik bahasa nasional maupun lokal. Termasuk bahasa-bahasa yang tidak begitu populer, seperti Swahili ataupun Yiddish.

Selain itu, aplikasi buatan Google ini juga dilengkapi beberapa fitur unggulan. Seperti pengenalan tulisan tangan, foto, hingga dialek dari bahasa tersebut dengan fitur suara.

2. Microsoft Translator

Dapat menerjemahkan lebih dari 60 bahasa secara offline maupun online merupakan salah satu keunggulan aplikasi buatan Microsoft ini. Selain itu, Microsoft Translator juga menawarkan fitur penerjemah real-time di mana Anda dan lawan bercakap-cakap dengan bahasa masing-masing.

Meski begitu, percakapan tetap akan dimengerti oleh satu sama lain.

Hal ini dikarenakan, terdapat fitur percakapan dua arah dan juga mode kamera yang dapat membantu penerjemahan bahasa secara langsung.
 

3. iTranslate

Populer di kalangan pengguna smartphone, terutama orang-orang yang menggunakan perangkat iOS. Aplikasi ini memiliki kemampuan yang tidak kalah baik dari beberapa aplikasi sebelumnya.

Serupa dengan Google Translate, iTranslate juga mampu menerjemahkan satu bahasa ke lebih dari 100 bahasa lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang dapat mengenali tulisan tangan maupun foto. Sehingga, menerjemahkan bahasa dapat dilakukan jauh lebih mudah.

4. DeepL Translator

DeepL Translator menggunakan teknologi neural machine translation untuk menerjemahkan bahasa secara lebih akurat. Tak hanya sekadar untuk menerjemahkan kata atau kalimat, DeepL juga bisa digunakan untuk memperbaiki grammar dalam dokumen. Saat ini, DeepL sudah mendukung fitur translate lebih dari 20 bahasa. Termasuk bahasa populer seperti Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, dan lain-lain.

 

5. Papago

Papago merupakan aplikasi penerjemah yang banyak digunakan di Korea Selatan. Aplikasi ini memiliki kemampuan menerjemahkan lebih dari 13 bahasa dengan fitur penerjemahan secara langsung.

Beberapa bahasa yang dapat diterjemahkan di aplikasi ini di antaranya adalah Jepang, Cina, Inggris, Korea, dan beberapa bahasa lainnya. Di aplikasi ini juga sudah tersedia fitur untuk memperbaiki terjemahan dengan cara sangat mudah.

 

Itulah beberapa aplikasi alih bahasa yang telah dilengkapi teknologi terbaru dan dapat menerjemahkan bahasa secara lebih akurat. Di era digitalisasi yang makin memudahkan pertemuan dengan orang asing, aplikasi-aplikasi tadi tentu makin dibutuhkan untuk memudahkan komunikasi. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *