5 Asisten Virtual yang Bisa Bantu Mempermudah Hidup Manusia

Asisten virtual merupakan salah satu wujud dari makin cerdasnya teknologi. Saat ini, fitur berbasis AI ini sudah tersedia di berbagai macam gadget. Baik itu smartphone, laptop, tablet, headphone, hingga kamera sekalipun.

Selain di gadget, fitur yang juga dikenal dengan nama virtual assistant (VA) ini juga tersedia di berbagai produk elektronik. Contohnya adalah CCTV, lampu, pengunci pintu, dan masih banyak lagi. Barang-barang ini biasanya dikategorikan sebagai produk smart home. Kemudian, di lingkup perusahaan, tidak sedikit juga pebisnis yang memutuskan memiliki virtual assistant mandiri.

 

Meski terdapat di produk berbeda-beda, cara kerja fitur ini di tiap-tiapnya dipastikan sama. Di mana, fitur dapat bekerja ketika suara yang dikenalnya memberikan perintah.

5 Asisten Virtual Paling Banyak Digunakan

Sebagai informasi, program asisten virtual yang ada saat ini bisa dikatakan sangat banyak. Namun, beberapa program yang paling dikenal dan banyak digunakan terdiri dari 5 macam. Adapun 5 virtual assistant yang dimaksud di sini adalah sebagai berikut.

 

1. Asisten Google

Pertama kali dihadirkan pada perangkat Google Pixel, fitur satu ini dapat memudahkan para pengguna smartphone dalam banyak hal. Mulai dari mengatur jadwal, mengirim pesan, menelepon, dan masih banyak lagi.

Untuk saat ini, fitur cerdas dari Google ini sudah tersedia di berbagai perangkat yang berbasis Android minimal Marshmallow atau Nougat. Selain untuk melaksanakan perintah yang Anda buat, kini Asisten Google juga bisa diajak mengobrol dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia.

 

2. Alexa

Alexa adalah nama fitur virtual assistant yang dikembangkan oleh Amazon. Fitur ini dibuat dan diaplikasikan pada produk speaker buatannya.

 

Dengan fitur ini di speaker buatan Amazon ini, Anda bisa menyalakan lampu ataupun mematikannya dengan hanya membuat perintah berupa suara. Selain itu, Anda juga bisa meminta fitur Alexa untuk menyalakan lagu di rumah.
 

3. Siri

Siri merupakan nama untuk fitur virtual assistant yang terdapat di iPhone. Pertama kali diperkenalkan melalui iPhone 4s, kini fitur ini sudah tersedia di berbagai macam gadget buatan Apple.

Mulai dari iPad hingga iPod Touch. Kemampuannya hampir sama dengan fitur Google Asisten. Di mana, teknologi ini dapat membuat jadwal pertemuan, memesankan transportasi online, hingga mengirimkan pesan ataupun membalasnya.

 

4. Bixby Voice

Bixby pertama kali debut di tahun 2017 dan tersemat di smartphone Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Selain dihadirkan dalam ponsel, fitur ini juga sudah tersemat di berbagai produk elektronik. Bahkan, lebih dari 200 negara juga telah disambangi oleh fitur satu ini.

 

5. Cortana

Cortana merupakan sebutan virtual assistant yang dikembangkan oleh Microsoft. Pertama kali dikenal sebagai fitur unggulan Windows Phone 8.1, kini teknologi ini sudah ada di beberapa produk lain buatan Microsoft.

 

Tidak terkecuali dengan program Email Outlook yang kini sudah mendukung fitur Cortana. Serupa dengan yang lainnya, fitur ini juga dapat memudahkan Anda dalam berbagai hal, salah satunya mengintegrasikan kalender dan Email Outlook.
 

Itu dia 5 asisten virtual yang bisa membantu hidup manusia jadi lebih mudah. Di masa depan nanti, fitur-fitur ini mungkin akan dikembangkan lagi sehingga makin cerdas dan makin memudahkan manusia dalam banyak hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *