5 Marketplace Yang Masih Bertahan di Indonesia

Marketplace adalah suatu platform atau tempat di mana berbagai jenis penjual dengan produk yang berbeda-beda bisa menjual produknya dalam satu website yang sama. Marketplace menjadi perantara antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli secara online. 

Source : PojokViral.com

Seperti kita ketahui bahwa banyak perusahaan marketplace yang harus gulung tikar karena mereka kalah saing dengan kompetitor dan saat ini tersisa hanya 5 saja dengan pengguna terbanyak, apa sajakah itu?

5 Marketplace Yang Masih Bertahan di Indonesia

1. Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia memungkinkan para penjual untuk memasarkan dan menjual produk mereka secara online, dan pembeli dapat membeli berbagai produk mulai dari barang elektronik, pakaian, furnitur, hingga makanan dan minuman.

Tokopedia menjadi salah satu platform marketplace yang paling populer di Indonesia dan memiliki jutaan pengguna aktif. Hal ini membuat Tokopedia menjadi tempat yang sangat menarik bagi para pedagang dan pebisnis untuk memasarkan produk mereka.

Salah satu fitur terbaik dari Tokopedia adalah kemampuannya untuk memberikan akses ke pengguna yang berbeda-beda, termasuk pengguna yang tidak memiliki modal untuk membuka toko fisik. Platform ini memungkinkan penjual untuk memulai bisnis mereka dengan modal yang relatif lebih rendah dan dapat memperluas jangkauan pasar mereka dengan cara online. Tokopedia memudahkan transaksi jual-beli dengan menyediakan berbagai macam pilihan pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit / debet, dan pembayaran melalui aplikasi keuangan digital.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan program promo dan diskon yang menarik untuk pembeli, sehingga dapat membantu para penjual untuk meningkatkan penjualan mereka. Platform ini juga memiliki sistem pelaporan dan feedback yang baik, yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk memberikan umpan balik satu sama lain mengenai pengalaman transaksi mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tokopedia terus berkembang dan memperluas layanan mereka dengan menambahkan berbagai kategori produk baru dan juga menyediakan layanan logistik dan pembayaran. Tokopedia juga berusaha untuk meningkatkan keamanan transaksi dengan memperkenalkan verifikasi nomor telepon dan nomor identitas.

Tokopedia juga memiliki program Tokopedia Care, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengajukan pertanyaan, permintaan dukungan, dan keluhan mereka terkait dengan platform. Selain itu, Tokopedia juga terus mendukung pertumbuhan bisnis kecil dan menengah di Indonesia melalui berbagai program pelatihan, mentoring, dan dukungan pendanaan.

Selama masa pandemi COVID-19, Tokopedia juga memainkan peran yang sangat penting untuk membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang-barang dasar dengan menghadirkan program “Official Store JNE Gratis Ongkir” yang memungkinakn produk kebutuhan sehari-hari dapat diantar ke rumah dengan gratis ongkos kirim.

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-12 pada tahun 2021, Tokopedia juga menampilkan kampanye “Program Baru, Indonesia Baru” yang bertujuan untuk membantu penjual dan pelanggan untuk naik ke tingkat berikutnya dengan menyediakan akses ke pelatihan dan layanan dukungan khusus.

Dengan inovasi dan komitmennya untuk menjadi motor perekonomian digital di Indonesia, Tokopedia telah menjadi kekuatan besar dalam industri e-commerce di Indonesia dan memainkan peran yang sangat penting dalam membantu pelaku usaha dan masyarakat mendapatkan akses ke jaringan e-komrsial dan menumbuhkan ekonomi digital di Indonesia.

2. Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Bukalapak memungkinkan para penjual untuk memasarkan dan menjual berbagai produk mereka secara online, seperti produk makanan, elektronik, pakaian, dan lain-lain.

Bukalapak menjadi salah satu platform marketplace yang paling populer di Indonesia, terutama untuk produk-produk lokal dan UKM yang berkualitas tinggi. Platform ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya, mulai dari layanan pelanggan 24 jam, pilihan pengiriman yang fleksibel, hingga opsi pembayaran yang beragam.

Selain itu, Bukalapak juga aktif dalam mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Bukalapak menyediakan program pelatihan dan pendidikan untuk membantu penjual meningkatkan penjualan mereka dan memperluas bisnis mereka di pasar online.

Bukalapak juga memperkuat keamanan dalam platform-nya dengan menerapkan sistem pembayaran yang aman dan dilengkapi dengan sertifikasi keamanan dari lembaga verifikasi resmi. Bukalapak juga aktif mengeluarkan program-program promosi dan diskon, yang dapat menarik minat para pembeli dan mengembangkan pangsa pasar di Indonesia.

Selain itu, Bukalapak juga memelopori gerakan lingkungan dengan memperkenalkan program “Sustainability,” yang bertujuan untuk menjaga lingkungan dan mengajak para penjual dan pembeli untuk menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bukalapak terus mengembangkan inovasi dan layanan baru, baik dalam hal produk, logistik, hingga pembayaran. Bukalapak juga memperluas jangkauan bisnis mereka di luar Indonesia, termasuk ke negara-negara Asia Tenggara lainnya.

3. Lazada

Lazada merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan oleh Pierre Poignant dan Rocket Internet pada tahun 2012. Kini Lazada dimiliki oleh grup Alibaba, yang memperkuat pangsa pasar dan pengaruhnya di Asia Tenggara.

Lazada memiliki visi untuk membantu masyarakat membeli dan menjual barang secara online dengan mudah dan aman. Platform ini menyediakan berbagai macam produk, dari produk fashion, elektronik, hingga produk kesehatan dan kecantikan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Lazada juga memberikan layanan pelanggan yang memuaskan. Mereka menawarkan banyak pilihan metode pembayaran yang aman dan terpercaya, mulai dari transfer bank, kartu kredit, sampai dengan pembayaran di tempat (COD). Lazada juga memiliki sistem pengiriman yang efisien, yang memungkinkan barang dapat dikirimkan sesuai dengan waktu yang dijanjikan.

Keamanan juga menjadi prioritas utama bagi Lazada. Lazada memiliki tim keamanan yang berdedikasi untuk melindungi data pribadi para pengguna, serta menerapkan sertifikasi keamanan dari lembaga verifikasi resmi. Hal ini membuat para pengguna merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi di platform Lazada.

Lazada juga aktif dalam mengembangkan program-program promosi dan diskon, yang menarik para pembeli dan membantu penjual untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain itu, mereka juga memperkuat kolaborasi dengan para penjual dan memperluas jangkauan bisnis mereka di luar Indonesia, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Meskipun demikian, Lazada juga pernah mengalami kasus kebocoran data pribadi yang cukup besar. Namun hal ini tidak menghambat pertumbuhan platform mereka, karena mereka terus bekerja keras untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna.

Selain itu, Lazada juga mengembangkan fitur-fitur baru yang fokus pada kepuasan pengguna. Salah satu inovasi terbarunya yaitu program “Lazada Guaranteed Delivery,” yang menjamin pengiriman barang dalam waktu tercepat dan dengan jaminan keamanan. Lazada juga menghadirkan sistem pembayaran yang efisien dan mudah, seperti “Lazada Wallet” yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi online dengan lebih cepat dan aman.
Lazada juga berperan aktif dalam membantu para penjual untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis mereka. Beberapa program yang disediakan oleh Lazada, seperti program “Lazada University” dan “Lazada Seller Center,” memberikan pelatihan dan bimbingan untuk membantu para penjual dalam mengoptimalkan penggunaan platform Lazada untuk bisnis mereka.
Kesejahteraan masyarakat juga menjadi perhatian utama Lazada. Mereka aktif membantu masyarakat Indonesia dengan membuka peluang kerja baru bagi masyarakat lokal melalui pelatihan dan pendidikan tentang bagaimana memulai bisnis online. Kegiatan ini memajukan pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi pada pembangunan Indonesia.

4. Shopee

Shopee adalah platform e-commerce yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Berdiri pada tahun 2015, platform ini telah tumbuh menjadi salah satu marketplace terkemuka di wilayah tersebut. Shopee menawarkan platform mudah digunakan bagi pelaku bisnis untuk menjual produk secara online. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah menjelajah berbagai produk dari berbagai kategori dengan mudah.
Keistimewaan Shopee terletak pada fokusnya pada penggunaan fitur-fitur yang menarik dan inovatif, yang menarik minat pelanggan untuk berbelanja. Salah satu fitur unggulan Shopee yaitu “Shopee Mall,” yang merupakan area khusus yang diisi oleh penjual terverifikasi dan produk berkualitas. Melalui area ini, pelanggan dapat memilih produk-produk dengan lebih percaya diri dan nyaman.
Selain itu, Shopee juga memiliki program promosi yang menarik, seperti “Big Sale” dan “9.9 Super Shopping Day”. Kegiatan ini tidak hanya membantu pengusaha untuk meningkatkan penjualan mereka, tetapi juga membantu pelanggan untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih terjangkau.
Shopee juga memberikan perhatian pada proses logistik, dengan menawarkan sistem pengiriman yang efisien. Hal ini memungkinkan pengiriman barang dengan cepat dan efisien, sehingga pelanggan akan merasa senang dan nyaman saat berbelanja di platform Shopee.
Keamanan juga menjadi prioritas penting bagi Shopee. Mereka menyediakan sistem pembayaran yang aman, seperti transfer bank, kartu kredit, dan dompet digital. Selain itu, Shopee juga memiliki tim keamanan khusus yang akan membantu pengusaha dan pelanggan dalam melindungi data pribadi mereka.
Shopee juga berkomitmen pada pertumbuhan bisnis masyarakat dalam ekonomi digital di Indonesia. Mereka memberikan pelatihan dan dukungan pengadaan modal untuk membantu pelaku bisnis lokal dalam memperluas bisnis mereka dan menjangkau pasar internasional.

5. Blibli

Blibli adalah salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tahun 2011, Blibli menawarkan pengalaman belanja online yang mudah dan aman bagi para pelanggan dan penjualnya. 
Blibli menawarkan berbagai produk dari berbagai kategori, seperti elektronik, fashion, olahraga, dan masih banyak lagi. Mereka juga menawarkan program promosi yang menarik, seperti “Blibli Big Deals” dan “Blibli Rewards,” yang memberikan pengguna keuntungan seperti diskon, voucher belanja, dan koin cashback.
Kelebihan Blibli juga terletak pada layanan pengiriman cepat dan aman, yang memastikan barang terkirim tepat waktu dan dalam kondisi yang baik. Blibli juga menawarkan keamanan yang sangat baik dalam hal pembayaran melalui fitur “Veritrans” yang memastikan transaksi yang dilakukan aman dan terjamin.
Selain itu, Blibli juga sangat memperhatikan keamanan data pelanggan, terutama data pribadi dan informasi pembayaran yang dilakukan melalui platform mereka. Hal ini memastikan bahwa para pelanggan merasa aman saat berbelanja di Blibli.
Dalam hal pertumbuhan bisnis, Blibli aktif memberikan dukungan bagi para pelaku usaha untuk membangun dan memperluas bisnis mereka. Hal ini dilakukan melalui program “Blibli Mitra,” yang memberikan dukungan dan pelatihan bagi para penjual untuk meningkatkan penjualan mereka.
Blibli juga sangat menyadari pentingnya memberikan kontribusi bagi masyarakat. Mereka memiliki program “Blibli Peduli” yang memungkinkan para pelanggan dan penjual untuk berpartisipasi dalam program amal dan kemanusiaan.
Itulah beberapa marketplace di indonesia yang masih mampu bertahan sampai sekarang, sebelumya terakhir ada JD.ID yang secara terbuka mundur dari pasar indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *