Apa Itu Public Switched Telephone Network atau PSTN?

Public Switched Telephone Network (PSTN) adalah jaringan telekomunikasi global yang dilengkapi dengan jaringan kabel dan satelit, sistem pemancar dan penerima, serta perangkat keras dan lunak yang memungkinkan komunikasi suara di seluruh dunia.

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana panggilan telepon Anda bisa sampai ke tujuan, bahkan jika itu berada di sisi lain dunia? Jawabannya terletak pada teknologi yang dikenal sebagai PSTN.

Sejarah PSTN

PSTN memiliki akar sejarah yang mendalam, dimulai dari awal telepon itu sendiri. Dikembangkan pada abad ke-19 oleh Alexander Graham Bell, telepon menggunakan sistem sirkuit tertutup dan arus listrik untuk mentransmisikan suara dari satu tempat ke ke tempat lain. Seiring berjalannya waktu, teknologi ini berkembang menjadi jaringan telepon publik yang kita kenal sekarang.

Awalnya, PSTN memerlukan operator manusia untuk menghubungkan panggilan secara fisik. Namun, kemajuan teknologi memungkinkan otomatisasi proses ini. Hari ini, PSTN telah menjadi jaringan global yang menjangkau hampir setiap sudut dunia.

Bagaimana PSTN Bekerja?

PSTN mengoperasikan panggilan telepon menggunakan metode switching sirkuit. Artinya, untuk setiap panggilan yang dibuat, ada sirkuit fisik yang dibuat dan dipertahankan selama durasi panggilan tersebut.

Proses ini dimulai ketika seseorang menekan tombol di telepon mereka. Setiap tombol menghasilkan frekuensi berbeda, dan ini diterjemahkan menjadi alamat tujuan oleh sistem PSTN. Sistem kemudian menciptakan jalur melalui jaringan telepon fisik, dan ini tetap terbuka sampai panggilan selesai.

Kelebihan dan Kekurangan PSTN

Seperti semua teknologi, PSTN memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan PSTN

  1. Kualitas Suara: PSTN menawarkan kualitas suara yang sangat baik, dengan sedikit atau tanpa gangguan sama sekali.

  2. Cakupan Luas: PSTN memiliki cakupan global, memungkinkan panggilan dapat diterima dan dilakukan hampir di mana saja di dunia.

  3. Keandalan: PSTN sangat andal. Kejadian hilangnya layanan sangat jarang terjadi.

Kekurangan PSTN

  1. Biaya: Biaya panggilan internasional dan antar wilayah bisa sangat mahal.

  2. Keterbatasan Fitur: Dibandingkan dengan teknologi telekomunikasi modern seperti VoIP, PSTN memiliki keterbatasan fitur. Misalnya, tidak dapat mengirim pesan teks atau video.

PSTN vs VoIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan transmisi suara melalui internet. Dibandingkan dengan PSTN, VoIP menawarkan beberapa keunggulan. Selain biaya yang lebih rendah, VoIP juga menawarkan fitur tambahan seperti pesan teks, video call, dan integrasi dengan aplikasi lainnya.

Namun, PSTN masih memiliki keunggulan dalam hal kualitas suara dan keandalan. Selain itu, tidak seperti VoIP, PSTN tidak memerlukan koneksi internet untuk bekerja.

Kesimpulan

Meskipun teknologi ini mungkin terlihat kuno dibandingkan dengan alternatif digital modern seperti VoIP, namun PSTN masih menjadi tulang punggung infrastruktur komunikasi global kita. Dengan kualitas suara yang tinggi, cakupan luas, dan keandalan yang luar biasa, PSTN masih memiliki tempat yang sangat penting dalam dunia telekomunikasi kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *