Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iPhone dan Mengaktifkan Teks Prediktif

Bagi sebagian orang, fitur autocorrect yang terdapat di tiap-tiap smartphone kerap dirasa mengganggu. Pasalnya, fitur tersebut bisa mengubah kata secara otomatis dan tidak jarang menggantinya dengan kata yang tidak sesuai dengan maksud.

Sebagai informasi, fitur autocorrect mengacu pada tata bahasa dan ejaan yang dianggapnya benar. Fitur ini dikendalikan oleh teknologi artificial intelligence dan natural language processing.

Oleh sebab itu, jika sistem smartphone menggunakan bahasa Inggris, bukan tidak mungkin kata ‘teh’ yang Anda tulis akan dikoreksi otomatis. Sehingga, kata tersebut berubah menjadi ‘the’.

Jikapun bahasa sistem diubah ke Indonesia, fitur tersebut juga masih bisa mengubah kata secara otomatis dan masih berpotensi salah. Terutama ketika Anda mengetik kata-kata dalam singkatan yang belum ada dalam bahasa Indonesia.

Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di iPhone

Jika Anda merasa fitur tersebut tidak lagi bermanfaat, untungnya autocorrect bisa dinonaktifkan. Untuk pengguna iPhone, berikut ini adalah cara menonaktifkan fitur tersebut.

  1. Pertama-tama, buka menu Pengaturan di ponsel.

  2. Selanjutnya, scroll layar ponsel hingga Anda menemukan ikon berbentuk gigi roda. Supaya lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan kolom pencarian yang terdapat di bagian paling atas. Kemudian, ketik kata General atau Umum untuk masuk ke menu pengaturan teks.

  3. Gulir lagi layar ke bawah dan temukan tombol Papan Ketik. Ini berada di bawah pengaturan Tanggal dan Waktu serta di atas Font.

  4. Terakhir, cari fitur koreksi otomatis atau auto correct. Lalu, geser toggle yang terdapat di bagian tersebut sehingga beralih posisi ke arah kiri.

Jika sudah menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa mencoba mengetikkan sebuah kata asing dari bahasa sistem. Periksa apakah fitur yang dikendalikan AI itu sudah nonaktif atau masih berjalan.

Jika khawatir salah ketik karena fitur pengoreksi otomatis dimatikan, Anda bisa mengaktifkan fitur teks prediktif sebagai gantinya. Fitur ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan fitur sebelumnya. Bedanya, teks prediktif tidak langsung mengubah kata yang Anda tulis menjadi kata yang menurutnya benar.

Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan beberapa saran kata pengganti apabila terdapat ketikan yang tidak terdeteksi oleh bahasa sistem. Jadi, Anda bisa mengubahnya ataupun tidak, tergantung pilihan masing-masing.

Cara Mengaktifkan Teks Prediktif

Jika ingin mengaktifkan fitur teks prediktif, Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

  1. Masuk ke Pengaturan seperti saat Anda akan menonaktifkan fitur koreksi otomatis.

  2. Klik tombol Umum (jika dalam bahasa Indonesia) atau General (jika sistem menggunakan bahasa Inggris).

  3. Tap tombol Papan Ketik dan ketuk toggle Teks Prediktif sehingga warnanya jadi hijau.

Nah, itulah informasi mengenai cara menonaktifkan fitur autocorrect untuk menghindari kesalahan kata yang dimaksud dan mengaktifkan teks prediktif sebagai gantinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu mengatasi masalah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *