Gimana Kabar Evercoss? Merek HP Lokal Menghilang Akibat Gempuran Brand Thiongkok

Evercoss adalah merek smartphone asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan ini fokus pada pengembangan dan produksi smartphone dengan harga terjangkau untuk konsumen Indonesia. 

Produk-produk Evercoss telah meraih popularitas di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Produk-produk Evercoss terkenal dengan fitur-fitur canggih dan desain yang stylish. Saat ini, Evercoss telah meluncurkan berbagai seri smartphone, mulai dari seri A, seri U, seri S, seri Winner, dan masih banyak lagi.

Sejarah Evercoss Indonesia

Evercoss adalah merek smartphone asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan ini didirikan oleh PT. Intersolusi Teknologi Nusantara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Evercoss awalnya hanya memproduksi perangkat keras seperti modem dan router, namun kemudian mulai merambah ke bisnis smartphone pada tahun 2012.

Pada awalnya, Evercoss masih memproduksi smartphone dengan merek lain, yaitu Cross Mobile. Namun, pada tahun 2013, Evercoss memutuskan untuk mengubah mereknya menjadi Evercoss, dengan tujuan untuk memperkuat brand recognition dan meningkatkan citra merek di pasar Indonesia.

Sejak saat itu, Evercoss terus mengembangkan produk-produknya dengan fokus pada pengembangan teknologi dan desain yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Produk-produk Evercoss terkenal dengan fitur-fitur canggih dan desain yang stylish, namun dengan harga yang terjangkau.

Evercoss juga terus memperluas jaringan distribusinya dengan membuka toko-toko resmi di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, Evercoss juga menjalin kerja sama dengan berbagai operator seluler dan e-commerce untuk memperluas jangkauan produknya.

Pada tahun 2015, Evercoss meraih penghargaan sebagai merek smartphone lokal terpopuler di Indonesia, dan pada tahun 2016, Evercoss berhasil mencapai pangsa pasar sebesar 7,4% di Indonesia, menjadikannya sebagai merek smartphone lokal terbesar di Indonesia.

Namun, sejak tahun 2017, Evercoss mengalami penurunan penjualan akibat persaingan yang semakin ketat dengan merek-merek global yang telah mendominasi pasar Indonesia. Meskipun demikian, Evercoss masih terus berusaha untuk bersaing dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Saat ini, Evercoss telah meluncurkan berbagai seri smartphone, mulai dari seri A, seri U, seri S, seri Winner, dan masih banyak lagi. Produk-produk Evercoss terus mengalami perkembangan dan inovasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru dan desain yang lebih modern. Evercoss juga terus memperluas jaringan distribusinya untuk memperluas jangkauan produknya di pasar Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara.

Evercoss Sepi Peminat?

Evercoss menghadapi beberapa tantangan dan alasan yang membuatnya sulit untuk bersaing di pasar smartphone, di antaranya:

  • Persaingan yang ketat dari merek-merek global
    Merek-merek smartphone global seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo telah mendominasi pasar smartphone Indonesia dengan produk-produk yang memiliki spesifikasi dan kualitas yang tinggi. Persaingan yang ketat ini membuat Evercoss sulit bersaing dalam hal harga dan inovasi produk.
  • Kurangnya inovasi dan pengembangan produk
    Evercoss terkadang sulit untuk memberikan inovasi dan pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Hal ini membuat produk Evercoss kurang menarik dan kurang kompetitif dibandingkan merek-merek smartphone lainnya.
  • Kurangnya brand recognition
    Evercoss masih kurang dikenal di luar Indonesia dan tidak memiliki brand recognition yang kuat di pasar internasional. Hal ini membuat Evercoss sulit untuk bersaing dengan merek-merek smartphone global yang memiliki brand recognition yang kuat dan dikenal di seluruh dunia.
  • Kurangnya dukungan dari operator seluler
    Evercoss masih kurang mendapatkan dukungan dari operator seluler di Indonesia. Operator seluler lebih cenderung mempromosikan merek-merek smartphone global yang lebih dikenal dan memiliki pangsa pasar yang lebih besar.
  • Kurangnya jaringan distribusi
    Evercoss masih kurang memiliki jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia. Hal ini membuat produk Evercoss sulit untuk dijangkau oleh konsumen di daerah-daerah tertentu, sehingga merek ini kurang dikenal dan kurang diminati di daerah tersebut.

Meskipun menghadapi beberapa tantangan, Evercoss masih terus berusaha untuk bersaing dan mempertahankan posisinya di pasar smartphone Indonesia dengan menghadirkan produk-produk terbaru dengan harga terjangkau dan fitur-fitur yang kompetitif.

Contoh Produk Evercoss Terlaris

Evercoss memiliki beberapa produk smartphone yang terlaris di pasaran Indonesia, di antaranya adalah:

  • Evercoss Winner Y Ultra adalah salah satu produk terlaris dari Evercoss. Smartphone ini dilengkapi dengan layar 5,5 inci dan prosesor Quad-core 1,3 GHz. Winner Y Ultra juga memiliki kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP, serta baterai 3.200 mAh yang tahan lama. Smartphone ini hadir dengan harga yang terjangkau, namun dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.
  • Evercoss U60 juga menjadi salah satu produk terlaris dari Evercoss. Smartphone ini memiliki layar 5,45 inci dan prosesor Quad-core 1,3 GHz. U60 juga dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP, serta baterai berkapasitas 3.000 mAh. Smartphone ini hadir dengan desain yang stylish dan harga yang terjangkau.
  • Evercoss A75L juga menjadi salah satu produk terlaris dari Evercoss. Smartphone ini dilengkapi dengan layar 5,2 inci dan prosesor Quad-core 1,3 GHz. A75L juga memiliki kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP, serta baterai berkapasitas 2.800 mAh. Smartphone ini hadir dengan desain yang elegan dan harga yang terjangkau.
  • Evercoss S45 juga menjadi salah satu produk terlaris dari Evercoss. Smartphone ini dilengkapi dengan layar 5,5 inci dan prosesor Quad-core 1,3 GHz. S45 juga memiliki kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP, serta baterai berkapasitas 3.000 mAh. Smartphone ini hadir dengan desain yang minimalis dan harga yang terjangkau.
  • Evercoss M50A juga menjadi salah satu produk terlaris dari Evercoss. Smartphone ini dilengkapi dengan layar 5,0 inci dan prosesor Quad-core 1,3 GHz. M50A juga memiliki kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP, serta baterai berkapasitas 2.500 mAh. Smartphone ini hadir dengan desain yang simpel dan harga yang terjangkau.
Nah dengan ini kita sebagai warga lokal sudah seharusnya mendukung produk lokal untuk bisa berkembang,tetapi juga catatan untuk produsen agar tetap mengutamakan kualitas dan tidak hanya menjual dengan harga murah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *