Mengenal Plotter: Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak alat yang diciptakan untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, salah satunya adalah plotter.

Plotter mungkin bukan alat yang familiar di telinga kita, namun alat ini memiliki peran penting dalam beberapa bidang, seperti desain grafis, arsitektur, dan rekayasa. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang plotter, fungsi, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu Plotter?

Plotter adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggambar gambar digital pada permukaan fisik. Dalam kata lain, plotter merupakan printer yang mampu mencetak gambar dengan tingkat detail dan presisi yang sangat tinggi. Plotter biasanya digunakan untuk mencetak gambar atau desain yang berukuran besar seperti peta, denah, diagram, dan lain sebagainya.

Fungsi Plotter

Fungsi utama plotter adalah untuk mencetak gambar dengan tingkat detail dan presisi yang tinggi. Plotter dapat digunakan untuk mencetak gambar berukuran besar dengan hasil yang rapi dan detail. Selain itu, plotter juga dapat digunakan untuk mencetak gambar yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, seperti peta, diagram, atau desain arsitektur.

Plotter juga memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan efisiensi. Dibandingkan dengan printer biasa, plotter mampu mencetak gambar dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini tentu sangat membantu bagi para profesional yang membutuhkan hasil cetakan dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat.

Jenis-Jenis Plotter

Ada beberapa jenis plotter yang berbeda, antara lain:

  1. Plotter Drum: Plotter jenis ini menggunakan drum, atau silinder, untuk memegang kertas saat mencetak. Plotter drum mampu mencetak gambar dengan kecepatan yang tinggi dan hasil yang rapi.

  2. Plotter Flatbed: Plotter jenis ini memiliki meja datar (flatbed) dimana kertas diletakkan saat mencetak. Plotter flatbed mampu mencetak gambar dengan tingkat detail yang tinggi, namun memiliki kecepatan yang lebih lambat dibandingkan plotter drum.

  3. Plotter Inkjet: Plotter jenis ini menggunakan teknologi inkjet untuk mencetak gambar. Plotter inkjet mampu mencetak gambar dengan kualitas warna yang sangat baik.

  4. Plotter Thermal: Plotter jenis ini menggunakan panas untuk mencetak gambar. Plotter thermal biasanya digunakan untuk mencetak gambar hitam putih.

Cara Kerja Plotter

Cara kerja plotter tergantung pada jenisnya. Namun, secara umum, plotter bekerja dengan cara memindahkan pena atau alat cetak lainnya di sepanjang permukaan kertas. Gambar yang akan dicetak diubah menjadi data digital oleh komputer, yang kemudian dikirim ke plotter. Plotter kemudian menerjemahkan data tersebut menjadi gerakan fisik pena atau alat cetak lainnya, mencetak gambar pada kertas.

Plotter drum bekerja dengan cara memutar drum yang memegang kertas, sementara pena atau alat cetak bergerak ke atas dan ke bawah di sepanjang drum. Sementara itu, plotter flatbed bekerja dengan cara memindahkan pena atau alat cetak di sepanjang permukaan kertas yang diletakkan di atas meja datar.

Plotter inkjet bekerja dengan cara menyemprotkan tinta ke atas kertas melalui nozzle kecil. Nozzle ini dipindahkan di sepanjang permukaan kertas oleh plotter, mencetak gambar. Sementara itu, plotter thermal bekerja dengan cara memanaskan elemen cetak, yang kemudian menekan kertas yang telah dilapisi dengan bahan khusus. Panas dari elemen cetak akan mengubah bahan tersebut menjadi gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *