Mengenal Wavetable Synthesizer dan Jenisnya

Ketika berbicara tentang musik, penting bagi kita untuk memahami konsep dasar dan alat yang digunakan dalam produksinya. Salah satu alat yang sering digunakan oleh produser musik modern adalah Wavetable Synthesizer.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang Wavetable Synthesizer dan berbagai jenisnya.

Apa itu Wavetable Synthesizer?

Wavetable Synthesizer adalah instrument musik elektronik yang menghasilkan suara melalui teknik sintesis wavetable. Teknik ini melibatkan penggunaan berbagai gelombang suara (wavetable) yang telah direkam sebelumnya untuk menghasilkan suara baru. Dalam sintesis wavetable, suara dapat diubah dan dimodifikasi dengan berbagai cara untuk menciptakan suara unik dan menarik.

Wavetable Synthesizer pada dasarnya adalah mesin sampling. Mereka mereproduksi gelombang suara yang telah direkam sebelumnya dan memainkannya kembali dalam berbagai cara. Dengan kata lain, mereka mengambil sampel suara dan mentransformasikannya menjadi suara baru.

Bagaimana Cara Kerja Wavetable Synthesizer?

Cara kerja Wavetable Synthesizer cukup rumit dan melibatkan beberapa langkah. Pertama, gelombang suara yang telah direkam sebelumnya diambil dan dimasukkan ke dalam synthesizer. Gelombang suara ini kemudian diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan berbagai parameter, seperti frekuensi, amplitudo, dan fase.

Setelah itu, gelombang suara yang telah diubah ini dimainkan kembali, menghasilkan suara baru. Dalam proses ini, Wavetable Synthesizer dapat menghasilkan berbagai jenis suara, mulai dari suara alamiah hingga suara yang sangat sintetis.

Jenis-jenis Wavetable Synthesizer

Ada banyak jenis Wavetable Synthesizer, dan masing-masing memiliki karakteristik dan fitur uniknya sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis Wavetable Synthesizer yang paling populer:

  1. Waldorf Blofeld: Ini adalah synthesizer wavetable yang sangat populer dan banyak digunakan oleh produser musik di seluruh dunia. Waldorf Blofeld menawarkan berbagai jenis gelombang suara yang dapat diubah dan dimodifikasi dengan mudah, membuatnya menjadi pilihan yang sangat fleksibel dan serbaguna.

  2. Arturia MicroFreak: MicroFreak adalah synthesizer wavetable semi-modular yang menawarkan berbagai jenis gelombang suara dan pilihan modulasi yang luas. Hal ini memungkinkan produser musik untuk menciptakan suara yang sangat unik dan menarik.

  3. Native Instruments Massive: Massive adalah synthesizer wavetable yang sangat populer dan banyak digunakan dalam produksi musik elektronik. Ini menawarkan berbagai jenis gelombang suara dan fitur modulasi yang luas, yang memungkinkan produser musik untuk menciptakan suara yang sangat kaya dan dinamis.

  4. Serum by Xfer Records: Serum adalah salah satu Wavetable Synthesizer yang paling populer dan paling sering digunakan oleh produser musik. Ini menawarkan antarmuka yang sangat intuitif dan fitur yang sangat lengkap, yang membuat proses pembuatan suara menjadi sangat mudah dan menyenangkan.

Kesimpulan

Wavetable Synthesizer adalah alat yang sangat penting dalam produksi musik modern. Mereka menawarkan berbagai jenis suara dan fitur yang memungkinkan produser musik untuk menciptakan suara yang sangat unik dan menarik. Ada banyak jenis Wavetable Synthesizer yang tersedia, dan masing-masing memiliki karakteristik dan fitur uniknya sendiri. Jadi, jika Anda tertarik dalam produksi musik dan ingin mencoba membuat suara Anda sendiri, Wavetable Synthesizer adalah alat yang harus Anda pertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *