Mengenal WebP : Format Gambar Baru di Rancang Oleh Google Beserta Kelebihanya

webp

Jika kita berselancar di google, lalu mencari topik dibagian gambar. Pasti kita akan mendapatkan format gambar yang bukan JPG atau PNG. Umumnya menggunakan format tersebut, namun dalam beberapa gambar menggunakan format WebP.

WebP adalah format gambar yang relatif baru pada dunia web. Format ini dirancang oleh Google pada tahun 2010 dengan tujuan untuk menggantikan format gambar JPEG dan PNG yang berukuran lebih besar.

WebP memiliki keunggulan dalam ukuran file yang lebih kecil, namun dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik dibandingkan dengan format gambar lainnya.

WebP menggunakan teknik kompresi yang berbeda dibandingkan dengan JPEG atau PNG. Dalam format gambar JPEG, pixel yang memiliki warna yang sama dibuat menjadi satu blok, sementara dalam format WebP, blok-blok ini digabungkan bersama sehingga ukuran file menjadi lebih kecil.

Baca JugaTahu Domain Info? Ternyata Gini Sejarah Awal Domain Info Berdiri

Sedangkan untuk PNG, Alpha channel yang terdapat di gambar akan disimpan secara terpisah, sehingga memperbesar ukuran file.

Keunggulan utama dari format WebP adalah fokus pada ukuran file yang lebih kecil, karena akan menghemat waktu loading website dan mengurangi penggunaan data bagi pengunjung website.

Ini dapat menambah kecepatan dan efisiensi dalam pengalaman browsing.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan format WebP.

Beberapa browser, seperti Safari dan Internet Explorer, tidak memiliki dukungan untuk format ini sehingga gambar tersebut tidak bisa diakses atau akan terlihat rusak.

Baca Juga : Yahoo Mail Kehilangan Pasar, Gimana Sejarah Yahoo dan Pengguna Sekarang?

Meskipun demikian, dukungan baru-baru ini telah ditambahkan ke dalam beberapa browser populer seperti Chrome, Firefox, dan Edge.

Dalam hal kualitas gambar, WebP dapat membantu menurunkan kualitas gambar dengan cukup signifikan tanpa mengorbankan kualitas visual yang dirasakan, namun tentu saja pembuat website perlu mencermati kualitas gambar agar tetap terlihat baik walaupun dikompresi dalam format WebP.

Secara keseluruhan, penggunaan format WebP dapat membantu mengoptimalkan kecepatan loading halaman website dan menghemat penggunaan data bagi pengunjung website.

Selama format ini diimplementasikan dengan baik dan dipahami dengan benar, maka keuntungan dari format WebP dapat diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *