Pengenalan: Sejarah, Fitur dan Keunggulan LibreOffice Software Aplikasi Perkantoran Linux Terbaik

LibreOffice adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling populer dan kuat dalam kategori aplikasi perkantoran. Paket perangkat lunak ini terdiri dari beberapa program seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, basis data, dan banyak lagi.

LibreOffice dikembangkan oleh The Document Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mempromosikan kebebasan dalam penggunaan perangkat lunak. Paket perangkat lunak ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux.

Sejarah LibreOffice

StarDivision adalah perusahaan perangkat lunak Jerman yang didirikan pada tahun 1984 oleh Marco Börries. StarWriter adalah program pengolah kata pertama yang dikembangkan oleh perusahaan ini, dan segera menjadi sangat populer di Jerman karena kemampuannya untuk bekerja dengan berbagai format file yang berbeda.

Pada tahun 1999, Sun Microsystems membeli StarDivision dan mengubah namanya menjadi StarOffice. Sun Microsystems kemudian merilis StarOffice sebagai perangkat lunak komersial dengan biaya lisensi yang cukup mahal.

Pada tahun 2010, Oracle Corporation membeli Sun Microsystems, dan kemudian memutuskan untuk menutup pengembangan dan distribusi StarOffice. Hal ini menyebabkan kekhawatiran di kalangan pengguna StarOffice, yang khawatir tentang masa depan perangkat lunak tersebut.

Sebagai tanggapan atas penutupan StarOffice, sekelompok pengembang perangkat lunak membentuk The Document Foundation pada tahun 2010. Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan mendukung paket perangkat lunak perkantoran gratis dan open source yang dapat diakses oleh semua orang.

Pada bulan September 2010, The Document Foundation merilis LibreOffice 3.3, versi pertama dari paket perangkat lunak perkantoran baru mereka. LibreOffice dikembangkan dari kode sumber StarOffice yang terbuka, sehingga memiliki banyak fitur yang sama dengan StarOffice, tetapi dengan lisensi yang berbeda.

Sejak itu, LibreOffice terus berkembang dan menjadi salah satu paket perangkat lunak perkantoran gratis dan open source yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. The Document Foundation terus memperbarui dan meningkatkan LibreOffice, dengan merilis versi baru secara teratur.

Keunggulan LibreOffice

LibreOffice adalah salah satu paket perangkat lunak perkantoran terpopuler dan terbaik yang tersedia secara gratis. Paket perangkat lunak ini terdiri dari berbagai program seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, basis data, dan banyak lagi.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari LibreOffice:

1. Gratis dan Open Source

Salah satu kelebihan utama dari LibreOffice adalah bahwa ia tersedia secara gratis dan open source. Ini berarti bahwa Anda dapat mengunduh, menginstal, dan menggunakan LibreOffice tanpa membayar biaya lisensi. Selain itu, kode sumber LibreOffice tersedia untuk umum dan dapat diubah dan disesuaikan sesuai kebutuhan.

2. Kompatibilitas yang Baik

LibreOffice bisa  membaca dan menulis data dalam berbagai format, termasuk file seperti Microsoft Office. Ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan pengguna Microsoft Office tanpa masalah kompatibilitas. Selain itu, LibreOffice juga dapat membaca dan menulis file dalam format OpenDocument, yang merupakan format standar terbuka untuk dokumen perkantoran.

 

3. Banyak Fitur

LibreOffice menyediakan banyak fitur yang sering digunakan dalam aplikasi perkantoran, seperti pengaturan halaman, format teks, pengeditan gambar, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat memperluas fungsionalitas LibreOffice dengan menginstal ekstensi yang tersedia secara gratis.

4. Fleksibel

LibreOffice dapat digunakan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Ini membuat LibreOffice menjadi pilihan yang fleksibel untuk pengguna yang bekerja pada berbagai platform.

5. Mudah Digunakan

LibreOffice menyediakan antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan intuitif. Ini berarti bahwa pengguna yang baru mengenal LibreOffice dapat dengan mudah melakukan tugas-tugas dasar seperti membuat dokumen teks, membuat presentasi, atau membuat lembar kerja.

Kesimpulan LibreOffice adalah paket perangkat lunak perkantoran yang hebat dan mudah digunakan. Ia menyediakan banyak fitur yang sering digunakan dalam aplikasi perkantoran, dan tersedia secara gratis dan open source. Jika Anda mencari alternatif yang kuat dan gratis untuk perangkat lunak perkantoran, maka LibreOffice adalah pilihan yang sangat baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *