Plus Minus Penerapan Teknologi AI pada Aplikasi Media Sosial, Apa Saja?

Banyak pengguna media sosial yang tidak menyadari bahwa aplikasi yang digunakannya telah dilengkapi artificial intelligence atau AI. Bahkan sebelum fitur ini kian populer di masyarakat berkat kecerdasannya yang mulai diketahui.

Untuk diketahui, ada cukup banyak peran AI dalam media sosial. Satu di antaranya adalah mempersonalisasi tampilan atau konten di dalamnya sehingga tercipta beberapa fitur lainnya. Lantas, apa saja aplikasi yang sudah menerapkan teknologi AI ini?

4 Aplikasi Media Sosial dengan Teknologi AI

Berikut ini adalah 4 aplikasi sosial media yang sudah diterapkan teknologi AI di dalamnya. Beberapa di antaranya juga dikabarkan akan ditingkatkan kembali fiturnya guna memaksimalkan performanya.

1. Facebook

Facebook menerapkan cukup banyak fitur AI. Satu di antaranya adalah fitur untuk mengetahui isi konten dalam bentuk video. Dengan keberadaan fitur ini, video yang tidak sesuai kebijakan pihak Facebook dapat terdeteksi dengan cepat.

Sehingga, video tersebut berkemungkinan tidak bisa ditonton oleh orang banyak atau dibatasi hanya untuk pengguna akun tertentu. Selain itu, pemilik akun yang menyebarkan video juga bisa terkena banned secara otomatis.

2. Twitter

Aplikasi social media kedua yang juga menerapkan fitur AI adalah Twitter. Namun, fitur AI di aplikasi ini hanya bekerja untuk memfilter postingan yang dianggap hoaks. Karena fitur inilah, Twitter bisa dikatakan sebagai salah satu tempat terpercaya untuk mendapatkan berita-berita yang kredibel.

3. Instagram

Pada dasarnya, fitur AI yang terdapat di Instagram tidak jauh berbeda dengan teknologi yang tersedia di Facebook. Di mana, terdapat sejumlah filter yang dapat menjadikan kualitas aplikasi makin baik.

Untuk diketahui, beberapa contoh fitur AI yang terdapat di aplikasi ini adalah fitur friend suggestion hingga pencegahan cyber bullying.

4. WhatsApp

Untuk saat ini, WhatsApp memang belum diterapkan teknologi AI terkini. Namun kabarnya, Mark Zuckerberg selaku pemilik aplikasi ini berniat akan menerapkan AI sebagaimana yang tertera di aplikasi lainnya.

Plus Minus AI untuk Perangkat Digital dan Kehidupan

Sekadar informasi, keempat aplikasi social di atas kabarnya akan terus dikembangkan dalam hal teknologi AI-nya. Langkah tersebut memang bagus sebab bisa menguntungkan para pengguna yang kerap merasa terganggu oleh kehidupan di dunia maya. Misalnya, karena terkena bullying atau lain sebagainya.

Namun, di samping keuntungan yang bisa didapatkan, ada kerugian yang bisa disebabkan fitur-fitur dari AI. Yang mana, jika disalahgunakan, keberadaan AI jelas mengancam keamanan, baik perorangan maupun kelompok.

Contohnya, jika seseorang dengan sengaja membuat konten palsu dengan AI, tampilannya bakal terkesan nyata. Dari itu, akan ada orang-orang yang dirugikan sebab konten tersebut dianggap benar adanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *