Suka Dengar ROM? Apa itu ROM, Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya

Apa itu rom

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM adalah perangkat memori atau media penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan memori dan data yang hanya dapat dibaca, namun tidak dapat diubah atau dihapus.

Salah satu kelebihan dari ROM adalah ketahanannya terhadap reset atau mati listrik, sehingga data yang tersimpan di dalamnya tetap aman.

Fungsi ROM hampir mirip dengan RAM, yakni melancarkan kinerja sistem dengan menyimpan data dan instruksi yang digunakan oleh sistem komputer.

Berikut ini adalah pengertian, jenis, fungsi, dan kelebihan ROM:

Pengertian ROM

ROM adalah jenis memori yang berisi instruksi dan data yang telah diprogram secara permanen selama proses pembuatan. Data yang tersimpan di ROM tidak dapat diubah atau dihapus oleh pengguna.

Jenis ROM

  • Mask ROM : ROM ini dibuat dengan cara memprogram data secara permanen ke dalam sirkuit chip sebelum dipasarkan.
  • PROM (Programmable Read-Only Memory): ROM ini memungkinkan pengguna untuk memprogram datanya sendiri setelah chip dibeli dengan menggunakan peralatan pemrograman yang khusus.
  • EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory): ROM ini memungkinkan pengguna untuk menghapus dan memprogram kembali datanya dengan menggunakan sinar ultraviolet. 
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory): ROM ini memungkinkan pengguna untuk menghapus dan memprogram kembali datanya secara elektrik tanpa perlu menggunakan sinar ultraviolet.
  • Flash ROM: ROM ini merupakan jenis ROM yang paling umum digunakan pada perangkat elektronik modern. Flash ROM dapat dihapus dan diprogram kembali secara elektrik dan memiliki kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis ROM lainnya.

Fungsi ROM

  • Menyimpan instruksi dan data penting yang diperlukan untuk operasi dasar komputer. 
  • Menyimpan program booting yang diperlukan untuk memulai sistem operasi saat komputer dinyalakan. 
  • Menyimpan firmware yang digunakan oleh perangkat keras, seperti BIOS pada komputer.
    Kelebihan ROM:

Data yang disimpan di ROM tidak dapat diubah atau dihapus, sehingga aman dari perubahan yang tidak diinginkan.

ROM memiliki kecepatan akses yang cepat, sehingga memungkinkan komputer untuk mengakses instruksi dan data dengan cepat.
ROM tidak membutuhkan daya listrik untuk menyimpan datanya, sehingga data yang tersimpan di ROM tetap aman bahkan saat komputer mati.
Demikianlah pengertian, jenis, fungsi, dan kelebihan ROM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *