5 Search Engine Berbasis AI Ini Makin Memudahkan Mendapatkan Informasi, Tertarik Mencoba?

Kini, tidak sedikit perusahaan yang menghadirkan produk berupa search engine saling beradu kecerdasan. Mulai dari Microsoft, Google, Baidu, hingga beberapa startup baru juga ikut berlomba-lomba dalam menghadirkan teknologi cerdas berbasis AI ini.

 

Sebenarnya, ini bukan kali pertama perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pemrograman internet itu bersaing ketat. Namun, pemandangan ini kembali muncul semenjak kehadiran ChatGPT yang dikembangkan oleh Open AI dan didanai Microsoft.

 

Untuk diketahui, mesin pencari berbasis AI memang memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan produk lainnya. Di mana, Anda bisa makin mudah menemukan informasi yang dibutuhkan.

 

5 Search Engine Berbasis AI

Untuk diketahui, berikut ini adalah beberapa search engine yang akan dan sudah dikembangkan dengan fitur kecerdasan AI. Simak hingga tuntas!

1. Microsoft Bing dengan Chat GPT

Sebelumnya, Microsoft hanya menjadi pendana di pengembangan produk Chat GPT. Namun pada bulan Februari lalu, perusahaan asal Meksiko ini resmi meluncurkan fitur Chat GPT di mesin pencari buatannya, yaitu Bing. Dengan keberadaan fitur ini, kata kunci yang dicari di Microsoft Bing disebut akan mendapatkan hasil lebih sesuai dengan perintah.

 

2. AI Baidu

Tidak mau kalah oleh Microsoft, Baidu juga telah meluncurkan fitur AI di mesin pencarinya pada Maret 2023 lalu. Memiliki kemampuan serupa ChatGPT, fitur buatan raksasa teknologi asal Cina ini dibuat dengan sistem Ernie milik perusahaan.
 

Langkah ini jelas menjadikannya berbagai perusahaan internet lainnya dipastikan makin sulit menembus pasar internet di Cina. Terlebih, perusahaan yang berdiri di tahun 2000-an ini tidak pernah mau tertinggal teknologinya.
 

3. Chatbot AI Bard by Google

Beberapa orang menyebutnya Chatbot Google, sementara beberapa lainnya menyebut AI Bard. Selain itu, ada juga yang menyebutkan namanya Google AI hingga Apprentice Bard.

 

Sebagai informasi, debut fitur chatbot buatan Google ini memang belum dipastikan kapan. Namun, Google menyebut akan menghadirkannya dalam beberapa produk terlebih dulu. Salah satu yang akan dibekali fitur AI untuk pertama kalinya adalah Google Translate.
 

4. Neeva AI

Neeva AI adalah mesin pencari yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2019. Menariknya, mesin pencari ini menawarkan program internet bebas iklan guna menyamankan para penggunanya.

Dikembangkan oleh mantan insinyur dan eksekutif teknologi periklanan Google, situs pencari ini kabarnya sudah diupgrade dengan penerapan AI. Jika tertarik, Neeva AI ini bisa jadi opsi yang patut dicoba untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

 

5. You.com

Baru diluncurkan pada tanggal 9 November tahun 2021, merek situs web ini dihadirkan langsung dengan fitur AI. Selain itu, situs web satu ini juga menawarkan keamanan yang lebih baik untuk tiap-tiap penggunanya.

Caranya adalah dengan meminimalisir serbuan iklan hingga sistem tracking pada data dalam gadget pengguna. Selain itu, situs web ini juga memiliki sejumlah fitur yang tidak terdapat di website lainnya. Salah satunya adalah YouChat, sebuah fitur yang akan memudahkan orang-orang menemukan informasi terkini.

 

Itulah informasi mengenai 5 search engine yang sudah dan akan segera dilengkapi dengan fitur AI. Bagaimana tanggapan Anda mengenai ini? Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *