Perbedaan Mbps dengan MBps : Terlihat Sama Namun Berbeda, Jangan Sampai Keliru

MBps dan Mbps
Perbedaan antara Mbps (Megabits per second) dan MBps (Megabytes per second). Dok. bm.technave.com

BincangKata.com – Dalam dunia teknologi informasi, seringkali kita mendengar istilah Mbps dan MBps ketika membahas tentang kecepatan transfer data. Meskipun terdengar serupa, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara Mbps dan MBps.

Mbps merupakan singkatan dari Megabits per second, yang merupakan satuan kecepatan transfer data dalam bentuk bit. Satu megabit setara dengan 1.000.000 bit. Mbps biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan internet, seperti kecepatan unduh dan unggah data.

Sementara itu, MBps adalah singkatan dari Megabytes per second, yang merupakan satuan kecepatan transfer data dalam bentuk byte. Satu megabyte setara dengan 1.000.000 byte. MBps umumnya digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data dalam penggunaan sehari-hari, seperti transfer file, pemutaran video, atau pengunduhan aplikasi.

Sebagai gambaran sederhana, berikut penjelasanya :

Mbps mengukur kecepatan transfer data dalam hitungan “megabits per detik”, sedangkan MBps mengukur kecepatan transfer data dalam hitungan “megabytes per detik”. 

Baca JugaCara Bikin Video Pakai Teks Saja, Tinggal Ketik Video Jadi

Satu byte terdiri dari delapan bit, sehingga kecepatan transfer data dalam Mbps akan selalu lebih tinggi daripada kecepatan transfer dalam MBps.
Misalnya, jika kamu mempunyai koneksi internet dengan kecepatan 100 Mbps, ini artinya kamu dapat men-transfer data dengan kecepatan 100 megabits per detik. 
Namun, jika kamu melihat kecepatan download atau upload pada browser kamu, yang biasanya ditampilkan dalam MBps, maka kecepatan transfer data akan menjadi 12,5 Megabytes per detik.
Kesimoulanya Perbedaan utama antara Mbps dan MBps terletak pada satuan yang digunakan. Mbps menggunakan satuan bit, sedangkan MBps menggunakan satuan byte. Bit adalah satuan terkecil dalam komputasi dan digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data di tingkat jaringan, sedangkan byte adalah satuan yang lebih besar yang digunakan untuk mengukur ukuran file atau kapasitas penyimpanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *